Cara Bisnis Jual Beli Jagung Kering dari Pemula Hingga Sukses

0 Shares
0
0
0

Kali ini kita akan membahas tentang bisnis jual beli jagung kering, namun sebelum itu kita ketahui dulu apa itu jagung? Jagung (Zea Mays) merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat terpenting, bersama dengan gandum dan beras. Tumbuhan ini bisa dibuat apa saja mulai dari tepung, minyak, pengganti beras hingga pakan ternak.

Olahan jagung  kering bisa dijadikan pendamping. Cara bisnis jagung kering juga cukup sederhana, bisa dikirim ke beberapa pabrik untuk diolah menjadi makanan dan lainnya. Padahal jagung juga merupakan salah satu  ekspor utama Indonesia ke negara lain. Jadi jangan heran jika  jual beli makanan sangat menguntungkan.

Usaha jagung kering juga bisa dijadikan peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya usaha memanen jagung, namun jagung juga menjadi salah satu bahan utama pakan  ayam. Tak heran jika permintaannya tinggi, karena peternak ayam dan industri makanan sangat membutuhkannya.

 

Cara Bisnis Jual Beli Jagung Kering

Usaha pertanian dan perkebunan masih menjadi salah satu usaha yang akan memberikan dampak signifikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita. Ada bisnis jagung kering metode pemetik jagung yang semakin populer saat ini.

Namun, jenis bisnis ini tidak bisa dilakukan dengan santai. Bisnis ini sering dianggap sebagai salah satu bisnis yang paling mudah dijalankan, sebenarnya ada beberapa aspek penting yang perlu diketahui terlebih dahulu.

1. Persiapan Modal

Aspek pertama yang perlu diketahui adalah bahwa bisnis ini membutuhkan modal awal yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan masing-masing individu. Selain itu, pemula harus memilih modal dalam jumlah kecil jika terjadi kerugian dalam bisnis tersebut. Manfaatkan pilihan produsen secara langsung melalui modal.

2. Persiapan Lahan

Jika Anda ingin memulai bisnis dan Anda adalah produsen yang menanam tanaman jagung Anda sendiri, persiapkan lahan sejak awal bisnis Anda agar nantinya berjalan dengan lancar.

3. Komunitas/Kerjasama

Ada keuntungan yang bisa Anda nikmati dengan mencoba jenis usaha panen jagung ini, terutama bagi yang baru pertama kali mencobanya. Hal ini karena terdapat beberapa komunitas dalam satu profesi yang  terdiri dari beberapa individu yang berpengalaman sehingga bisnis dapat dipasarkan dengan lebih mudah.

4. Proses Produksi

Salah satu aspek yang paling kompleks dari bisnis ini adalah produksi yang harus dikelola dengan hati-hati. Bagi seorang pemula yang tidak memiliki keterampilan atau pengalaman bercocok tanam, proses produksi menjadi tantangan besar. Oleh karena itu beberapa beralih ke bantuan distributor. Gunakan mesin giling jagung untuk mempermudah proses penggilingan.

5. Menentukan Skala

Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha jagung tajuk adalah menentukan dengan tepat skala mana yang akan digunakan. Skala ini bisa ditentukan dari awal sesuai dengan  pengalaman dan modal yang cukup untuk memulai usaha.

Pemanfaatan Jagung

Jagung merupakan salah satu bahan pangan pokok, sekitar 70% produksinya dikonsumsi.Jagung bukan hanya bahan pangan, tetapi juga campuran bahan gizi, bahan ekspor nonmigas dan bahan baku industri. Secara kasar, penggunaan jagung dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:  Makanan, pakan dan bahan baku industri.

1. Bahan Pangan

Jagung sudah menjadi makanan pokok sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Seringkali jagung diolah dalam bentuk makanan seperti nasi jagung, bubur jagung, jagung campur nasi, dan masih banyak makanan tradisional lain yang berasal dari jagung.

2. Bahan Pakan Ternak

Bagi kebanyakan petani di Indonesia, jagung merupakan salah satu komponen pakan majemuk. Juga di beberapa desa jagung digunakan sebagai  pakan ternak utama. Jagung biasanya dicampur dengan bahan lain seperti bekatul, sorgum, pakan dan tepung ikan. Ayam, itik, dan burung puyuh biasanya diberi makan jagung.

3. Bahan Baku Industri

Ada banyak produk jagung olahan yang beredar di pasaran. Produk jagung olahan biasanya masuk produksi besar-besaran oleh industri dalam negeri. Secara umum beberapa industri yang mengolah jagung menjadi produk adalah sebagai berikut:

a. Industri giling kering

b. Industri giling basah

c. Industri destilasi dan fermentasi

0 Shares