Kenali Apa Itu Alat Musik Cajon dan Jenis-Jenisnya

0 Shares
0
0
0

Dewasa ini, perkembangan musik akustik sudah tak bisa dibendung lagi, bahkan hampir di setiap kafe-kafe sudah banyak yang bernyanyi dengan aliran akustik. Oleh sebab itu, bisa dibilang bahwa saat ini kafe dengan kehadiran live musik sangat diidam-idamkan oleh banyak orang, apakah kamu salah satunya? 

Pergi ke kafe yang ada live musiknya memang sangat menyenangkan karena bukan hanya makan dan minum di kafe tersebut, kita sebagai pengunjung bisa juga menikmati suara penyanyi yang merdu dan alunan melodi dari setiap alat musik yang dimainkan. Penyanyi kafe ini ada yang solom grup, featuring, dan ada juga dalam format band. Apapun formatnya, setiap lagu yang dibawakan akan selalu membuat pengunjung terhibur. 

Apalagi ketika menonton live musiknya bersama dengan seorang kekasih, musik yang didengar bersama akan menjadi lebih indah. Tidak hanya itu saja, menonton musik akan menjadi kenangan yang sulit untuk dilupakan. 

Musisi akustik dalam format band biasanya alat musik yang dimainkan, seperti gitar akustik yang diiringi dengan alat musik cajon. Lalu, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan alat musik cajon? Tunggu apalagi, kamu bisa simak artikel tentang cajon di bawah ini. 

Cajon

Cajon termasuk alat musik ritmis atau alat musik perkusi yang sering digunakan oleh para musisi akustik. Alat musik ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-18 dan pertama kali ditemukan di Spanyol. Bunyi yang keluar dari cajon bisa dibilang hampir sama dengan bunyi hit-hat. Bunyi seperti itu dapat muncul karena di dalam cajon diberikan snare bass. 

Alat musik cajon mulai dikenal oleh banyak orang di Indonesia sekitar tahun 2010. Pada tahun-tahun itu, cajon sering sekali digunakan sebagai pengiring musik akustik yang dimainkan di beberapa kafe. Bahkan cajon juga dimainkan pada saat tampil di acara televisi Indonesia. Harga satu buah cajon, umumnya berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Cajon adalah alat musik yang sering dimainkan pada genre musik akustik. Alat musik ini bisa dibilang sangatlah unik karena seseorang yang memainkannya akan duduk di atas cajon. Nama alat musik ini juga sering dikenal dengan nama kahon dengan sisinya yang berjumlah 6. 

Meskipun alat musik ini terlihat sederhana, tetapi sering digunakan ketika memainkan musik akustik. Alat musik cajon atau kahon bisa dibilang sebagai pengganti drum karena cara memainkannya hampir sama suara yang dihasilkan bisa mengiringi gitar dan beberapa alat musik lainnya. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang menyebut cajon sebagai drum duduk. 

Alat musik cajon terbuat dari kayu lapis dengan ketebalan kurang lebih 1,3 cm sampai 1,9 cm. Pada kelima sisi cajon ketebalannya cukup tebal, tetapi pada satu sisi ketebalannya lebih tipis dibandingkan dengan kelima sisi lainnya. 

Cara Memainkan Cajon

Cajon dimainkan dengan cara dipukul yang di mana pemain cajon akan berada di atas cajon atau menduduki cajon. Ketika memukulnya pun menggunakan telapak tangan dan memakai teknik khusus. Apabila sudah mahir bermain cajon, maka suara yang dikeluarkan dari pukulan tangan ini akan berirama, sehingga iringan musik menjadi lebih menarik. 

 

Saat ini, untuk melatih diri agar bisa bermain cajon bisa dilakukan dengan melihat beberapa video tutorial bermain cajon yang bisa ditemukan di media streaming, seperti youtube. Selain itu, kamu bisa juga belajar dengan seorang teman yang sudah mahir dalam bermain cajon. 

Jenis Cajon

1. Cajon Persegi Panjang

Sama dengan namanya, cajon persegi panjang memiliki bentuk persegi panjang juga dengan ukuran sekitar 30 cm x 30 cm x 50 cm. Cajon persegi panjang ini ada yang model elektrik dan ada juga cajon akustik. 

2. Travel Cajon

Jenis cajon yang kedua adalah cajon dengan ukuran yang berbentuk pipih, kemudian suara yang dihasilkan tidak begitu besar, bahkan cenderung kecil. Oleh sebab itu, untuk mendengar cajon jenis ini dibutuhkan pengeras suara. 

3. Cajon Trapesium

Jenis cajon yang ketiga adalah cajon trapesium bentuk cajon ini adalah trapesium. Sama dengan cajon persegi panjang, cajon jenis ini juga sering digunakan di acara musik akustik. 

 

Sebelum membeli cajon, sebaiknya pilihlah jenis dan fungsinya masing-masing agar cajon bisa digunakan dengan maksimal. 

Alat cajon memang sering kita lihat di acara musik di kafe atau pertunjukan musik. Akan tetapi, saat ini sudah cukup banyak beberapa kelompok pengamen menggunakan cajon saat mengamen. Nah, setelah membaca artikel ini sampai habis, apakah kamu tertarik untuk bisa bermain alat musik cajon? 

Baca juga: Alat musik melodis

0 Shares